Dirgahayu Republik Indonesia

Dirgahayu Republik Indonesia

Minggu, 17 Maret 2013

Fogging CHIKUNGUYA RW.07

Istilah CHIKUNGUYA berasal dari bahasa Swahili (Africa) yang artinya membungkuk, bengkok etc, Penyakit ini bukan disebabkan oleh gigitan nyamuk, tapi disebabkan oleh virus CHIKUNGUYA itu sendiri, Nyamuk hanya sebagai vektor perantara, jadi selama nyamuknya tidak menghisap darah orang yang kena CHIKUNGUYA , maka digigit 100x pun tidak masalah.

Jenis nyamuk vektornya sama dengan jenis nyamuk yang menularkan Demam Berdarah Dengue (Dengue Haemorrhagic Fever- DHF) yaitu Aedes Aegypti (nyamuk ini hanya mampu terbang paling jauh 100 meter).
Sebenarnya bukan Lumpuh gejalanya, tetapi nyeri otot yg hebat (bbrp hari) shg Pasien kesulitan menggerakkan anggota badannya karena kalau digerakkan sakit. Kalau lumpuh itu pasti ada hubungannya dengan syaraf (cth polio, stroke etc). Ini adalah jenis self limiting disease (artinya sembuh sendiri walau tanpa
diobati...hanya saja banyak orang yang tidak tahan, terus berobat untuk mengurangi rasa sakitnya).

Jakarta, 14 Maret 2013 di laksanakan FOGGING di Lingkungan RW.07. Tepatnya di Sekitar Jl. Ekor Kuning , dan Jl. Belanak RW.07 Kelurahan Jati.

Fogging ini di lakukan oleh Puskesmas Kecamatan Pulogadung, karena di Lingkungan RW.07 banyak warganya yang terkena 'CHIKUNGUYA"

Foto :












Tidak ada komentar:

Posting Komentar