Dirgahayu Republik Indonesia

Dirgahayu Republik Indonesia

Rabu, 21 Agustus 2013

Posyandu Melati RW.004

Pos Pelayanan Keluarga Berencana - Kesehatan Terpadu (Posyandu) adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Jadi, Posyandu merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat di bidang kesehatan dengan penanggung jawab kepala desa. A.A. Gde Muninjaya (2002:169) mengatakan : ”Pelayanan kesehatan terpadu (yandu) adalah suatu bentuk keterpaduan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan di suatu wilayah kerja Puskesmas. Tempat pelaksanaan pelayanan program terpadu di balai dusun, balai kelurahan, RW, dan sebagainya disebut dengan Pos pelayanan terpadu (Posyandu)”. Konsep Posyandu berkaitan erat dengan keterpaduan. Keterpaduan yang dimaksud meliputi keterpaduan dalam aspek sasaran, aspek lokasi kegiatan, aspek petugas penyelenggara, aspek dana dan lain sebagainya. (Departemen kesehatan, 1987:10).
 
Posyandu dimulai terutama untuk melayani balita (imunisasi, timbang berat badan) dan orang lanjut usia (Posyandu Lansia), dan lahir melalui suatu Surat Keputusan Bersama antara Menteri Dalam Negeri RI (Mendagri), Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Ketua Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan dicanangkan pada sekitar tahun 1986. Legitimasi keberadaan Posyandu ini diperkuat kembali melalui Surat Edaran Menteri Dalam Negeri dan Otonomi Daerah tertanggal 13 Juni 2001 yang antara lain berisikan “Pedoman Umum Revitalisasi Posyandu” yang antara lain meminta diaktifkannya kembali Kelompok Kerja Operasional (POKJANAL) Posyandu di semua tingkatan administrasi pemerintahan. Penerbitan Surat Edaran ini dilatarbelakangi oleh perubahan lingkungan strategis yang terjadi demikian cepat berbarengan dengan krisis moneter yang berkepanjangan.

Tujuan POSYANDU
Menurut Depkes tujuan diselenggarakan Posyandu adalah untuk:
  • Mempercepat penurunan angka kematian bayi, anak balita dan angka kelahiran.
  • Mempercepat penerimaan NKKBS.
  • Meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan kesehatan dan lainnya yang menunjang, sesuai dengan kebutuhan.
Jakarta, 21 Agustus  2013 Posyandu MELATI RW.004 yang berada di Jl. Jati Barang RT.003 RW.004  Kelurahan Jati mengadakan kegiatan Rutin yaitu Posyandu & Pemberian Vitamin A.
Untuk mencegah terjadinya kekurangan vitamin A pada anak-anak dilaksanakan pemberian Kapsul Vitamin A setiap 6 bulan sekali, yakni bulan Februari ini dan bulan Agustus setiap tahunnya.  
 
Ada 2 bentuk kapsul vitamin A yang dibedakan dari warna, yakni :
  • Warna biru dengan dosis 100.000 UI Vit. A di peruntukkan bagi bayi usia 6-11 bulan.
  • Warna merah dengan dosis 200.000 UI Vit. A  diberikan untuk anak-anak usia 12 -59 bulan

Apakah Vitamin A itu ?
Vitamin A adalah salah satu zat gizi mikro yang diperlukan oleh tubuh yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas) dan kesehatan mata.

Akibat kekurangan Vitamin A, yaitu :

  • Kurang Vitamin A (KVA) pada anak-anak yang berada di daerah pengungsian dapat menyebabkan mereka rentan terhadap berbagai penyakti infeksi, sehingga mudah sakit.
  • Anak yang menderita kurang vitamin A, bila terserang campak, diare atau penyakit infeksi lain, penyakit tersebut akan bertambah parah dan dapat mengakibatkan kematian. Infeksi akan menghambat kemampuan tubuh untuk menyerap zat-zat gizi dan pada saat yang sama akan mengikis habis simpanan vitamin A dalam tubuh.
  • Kekurangan vitamin A untuk jangka waktu lama juga akan mengkibatkan terjadinya gangguan pada mata, dan bila anak tidak segera mendapat vitamin A akan mengakibatkan kebutaan.
Vitamin A bisa kita peroleh secara gratis di Posyandu.
 
Di hadiri :

* Staf ( DENIS SOPYAN)
* Puskesmas Jati II (Bidan Isni)
* Ketua Kader Posyandu (Hj. Santi Amin)
* Sekretaris Kader Posyandu (Munawaroh)
* Bendahara Kader Posyandu (Heni)
* Anggota Kader Posyandu  (Wiwik, Ida Yulida, Sevi, Sandora, Nunung, Tuti, Ria)


Foto :












Balita Yang Hadir :




Balita Yang Mendapatkan Vitamin A :
* Kolom Sebelah Kiri Untuk Vitamin A berwarna biru
* Kolom Sebelah Kanan Untuk Vitamin A berwarna merah





Makanan Tambahan Bagi Balita :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar